PEMROGRAMAN LINEAR
Pemrograman linear atai program linear adalah salah satu cabang Matematika yang menjadi mata kuliah wajib di S1 Matematika dan Pendidikan Matematika. Bahkan, di tingkat SMA/MA/SMK, materi ini pun sudah dikenalkan.
Syarat-syarat dasar mempelajari materi ini adalah sistem persamaan dan juga pertidaksamaan linear. Pada dasarnya ada beberapa hal yang harus ada di dalamnya sebagai berikut.
- Peubah keputusan,
- Fungsi tujuan, (memaksimumkan/meminimumkan),
- Fungsi kendala/batasan, dan
- Unsur kepositifan.
Berikut ditampilkan sebuah contoh kasus yang dapat diselesaikan dengan metode grafik.
Jawaban:
1. Informasi
pada ilustrasi soal nomor 1 dapat dibuatkan tabel informasi sebelum ditentukan
model matematikanya sebagai berikut.
Proses
|
Produk
|
Waktu
|
Satuan
|
|
Meja
|
Kursi
|
|||
Perakitan
|
4
|
2
|
60
|
Jam
|
Pengecatan
|
2
|
3
|
48
|
Jam
|
Harga satuan
|
8000
|
6000
|
|
Rupiah
|
Berdasarkan informasi tersebut maka
dapat ditentukan peubah keputusannya yaitu banyaknya meja =
x1 dan banyaknya kursi = x2. Sehingga sesuai
dengan informasi dalam tabel dan peubah-peubah keputusannya, maka dapat dibuat
model matematikanya sebagai berikut.
Lebih lengkap proses jawabannya dapat dilihat pada gambar berikut. Silahkan dicocokkan jawabannya.
SILAHKAN POSTING JAWABANNYA DISINI
(PERHATIAN !!!: Satu orang dengan jawaban yang tepat akan mendapat tiket nonton di NSC Jember. Kirim paling lambat tanggal 27 September 2015 pukul 12.00 WIB. Pengumuman pemenang di web ini pada tanggal 1 Oktober 2015, pukul 10.00 WIB)
Selamat belajar!!!...
No comments:
Post a Comment